Memperbaiki Komputer Mati Hidup layar blank

Cara memperbaiki Komputer Mati hidup dan layar Hitam atau Blank, Komputer Mati Mendadak dan Ngeblag dan harus dimatikan dengan tekan tombol power

2017-04-12 13.33.0720735.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca Kata.

Apakah saat ini komputer anda mati hidup ? Kadang Komputer anda mati sendiri atau komputer tiba-tiba ngeblank tidak bisa di apa-apain dan harus di matikan. Dari pengalaman saya sendiri, ada 1 komputer mungkin cukup tua sekitar 4 - 5 tahunan Spekfikasi i3. Permasalahan komputer tersebut adalah :

  • Komputer sering mati mendadak,
  • Komputer Ngeblank dan harus di matikan
  • Komputer Hidup mati dan Hidup kadang layar Blank (hitam)

Kadang Komputernya baru Menyalakan UPS komputer langsung hidup sendiri tanpa tekan tombol power. Dan waktu itu komputernya mengalami poin no 3, yaitu Komputer Hidup mati dan hidup layar blank. Apa yang saya lakukan dengan komputer tersebut ? Apabila anda mengalami seperti saya jangan panik atau emosi.

Pertama Bersihkan debu pada Komputer

Saya biasanya membersihkan Komputer 1 bulan klo malas 2 bulan sekali. Debu-debu yang berada di Fan atau kipas di bersihkan. Fan Processor, Fan VGA, PSU dan Tambahan lainya seperti HD. Dan mainboard yang berdebu juga dibersihkan .

Kedua Cek PSU (Power Supply)

Saya coba memeriksa Power Supply apakah rusak atau drop. Apabila rusak atau keliatan Drop silahkan ganti saja, Kemarin saya sempat Mau ganti Tetapi saya coba dengan cara ketiga apabila tidak berhasil baru ganti Power Supply.

Ketiga Cuci Processor dan Bersihkan RAM.

Processor saya cuci dengan deterjen, karena waktu itu setelah bersih dari debu komputer masih Mati hidup dan layar blank kemudian mati lagi. Saya lepas Processor , membersihkan dengan air & deterjen. Kemudian Keringkan dan dipasang kembali, sebelum dipasang berikan Pasta Pendingin Processor. Kemudian Bersihkan tempat Processor di Mobo dan RAM.

Alhamdulillah Setelah Processor di Cuci dengan Air + Deterjen komputer langsung hidup normal kembali. Apabila cara tersebut belum hidup juga berarti Power Supply anda bermasalah. Tetapi Apabila Power Supply MATI/RUSAK biasanya MATI TOTAL.

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top